Kamis, 19 Februari 2009

Etika Kerja

Berdasarkan artikel yang ada pada website http://kuliahbersama.com/, saya mempunyai pendapat sebagai berikut:
Dalam dunia kerja, setiap pekerja harus memiliki etika. Hal tersebut memiliki nilai yang penting dalam dunia kerja. Jika para karyawan ataupun orang yang bekerja di sebuah instansi tidak memiliki etika, maka orang tersebut akan diperlakukan berbeda. Dengan adanya etika kerja yang baik akan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan dalam dunia kerja. Etika kerja menyangkut hubungan karyawan dengan atasan, karyawan dengan sesama karyawan lainnya, karyawan dengan bawahan, serta karyawan dengan tamu. Karakter yang dimiliki oleh setiap karyawan berbeda-beda. Perbedaan karakter tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kebudayaan daerah asal dan kebiasaan. Dengan adanya etika kerja ini diharapkan hubungan antar karyawan bisa terjalin dengan baik, sehingga dalam proses untuk mencapai tujuan tertentu dapat terlaksana dengan baik karena adanya interaksi positif antar karyawan yang didasari oleh etika kerja.

Aspek etika kerja sendiri terdiri dari (sumber ETIKA KERJA ITB)
1. Interpersonal skills
2. Inisiatif
3. Dapat diandalkan

Interpersonal skills

Þ Interpersonal skill termasuk kebiasaan, sikap,
tingkah laku, penampilan.

Þ Perkembangan interpersonal skils dipengaruhi oleh keluarga teman
dan observasi kita pada dunia sekitar dan merupakan tanggung jawab masing-masing pribadi

Þ Interpersonal skills akan memperngaruhi kesempatan dan kesuksesan seeorang

Etika kerja merupakan hal yang terlihat sepele, namun dalam implementasinya etika kerja sangat berpengaruh pada efektivitas dan efisiensi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya etika kerja yang baik, akan tercipta kepercayaan diri yang tinggi dan komunikasi yang baik antar setiap karyawan. Dalam melaksanakan etika kerja itu sendiri, karyawan harus memperhatikan sikapn, dandanan pakaian yang sesuai maupun tata cara yang ada. Etika kerja di setiap tempat kerja mungkin saja berbeda, oleh karena itu setiap karywan harus bisa beradaptasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Dengan adanya etika kerja ini, karyawan akan terdorong untuk bertingkah laku sebagai seorang profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar, thanks.