Kamis, 19 Februari 2009

Etika Profesi

Berdasarkan dari pernyataan yang ada di website http://www.kuliahbersama.com/, saya memiliki beberapa pendapat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manusia merupakan makhluk yang memiliki akal budi, dimana dengan akal budi ini manusia bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jika kita melihat lebih dalam tentang etika, sebenarnya etika itu sendiri muncul karena akal budi manusia.
Etika sendiri terdiri dari bermacam-macam, salah satunya adalah etika profesi. Etika profesi antara profesi yang satu dengan profesi yang lain memiliki perbedaan. Beberapa perbedaan tersebut disebabkan karena pengaruh keadaan dan pekerjaan yang dilakukan. Biasanya setiap pekerjaan memiliki kode etiknya sendiri-sendiri, sebagai contohnya adalah Kode Etik Profesi Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia yang saya dapat dari sumber website http://www.kuliahbersama.com/. Kode etik sendiri memiliki tujuan yang positif, tujuan dari kode etik adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas yang ada. Kode Etik Profesi Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia memiliki beberapa point-point penting yang mendorong seorang Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri untuk menjadi seorang profesional di bidangnya. Dengan implementasi kode etik yang ada, diharapkan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri bisa memberikan kontribusi yang lebih guna kemajuan bangsa dan negara. Dalam Kode Etik Profesi Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia, terdapat banyak hal yang susah untuk dilakukan. Mungkin kita hanya melihat hal tersebut sebagai hal yang biasa dan mudah untuk dilaksanakan, namun saat kita menerapkan kode etik tersebut akan banyak kendala yang siap menunggu.
Seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang ada pada jaman sekarang, khususnya di bidang perindustrian. Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri dituntut untuk memiliki tanggung jawab yang tinggi, mencakup profesi yang dijalaninya. Dengan adanya perkembangan-perkembangan teknologi tersebut, diharapkan kepada Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri untuk bertindak kritis dalam menanggapi setiap masalah yang timbul disertai dengan implementasi dari Kode Etik Profesi Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar, thanks.